Pages

Wednesday, December 5, 2012

Ninja 250R Karburator jadi Injeksi






Posted by Taufik in Ngoprek motor, Ninja 250R.
Tags: injeksi, kit konversi, Ninja 250R
trackback

Bro sekalian, SOri kalo repost Ninja 250R bermesin Injeksi baru desember paling cepat dirilis di sini . .. nah tapi bagaimana untuk mengubah Ninja 250R karbu menjadi Injeksi? ada beberapa cara sih . . . yang paling mudah ya memang Jual yang karbu lalu beli yang baru injeksi . . . tapi tentu ada cara ngopreknya . . . yakni menggunakan FI Convertion Kit yang bisa mengubah Ninja 250R Karburator menjadi Injeksi.



Salah satu kit konversi yang bisa digunakan adalah brand dari Ecotrons. Kitseharga 600 dolar Amerika ini terdiri dari

ECU
Harness
Throttle Body (twin 28mm Throttle body (including TPS sensor)
2x Fuel injector (80g/min)
Fuel pump assembly (Fuel pump (25L/h)
Fuel pressure regulator(3bar)
Fuel filter
fuel hoses and clamps
MAP sensor (1.05bar)
Engine temperature sensor
Intake air temperature sensor
2x Oxygen sensor and bungs
Serial communication cable (to a computer)
Serial to USB converter (optional)
CD – free tuning software



Boleh dibilang pemasangannya sangat Plug and Play . . . copot kit karburatornya lalu pelan pelan pasang kit injeksi ini. Sensor sensor adalah yang membuat sistem FI menjadi pintar. Sensor yang terdapat dalam kit konversi injeksi ini terbilang cukup lengkap. cek satu satu . .. sensortemperatur udara intake yang ditempatkan pada posisi yang sama pada OEM Motor FI nya,yakni pada ujung atas Box f ilter udara.




Lalu ada engine temperature sensor yang ditempatkan pada ujung atas (head silinder) , sensor ini akan membarikan estimasi terdekat temperatur mesin. Throttle position sensor Yang sudah di instal di dalam trotel body . . . so tinggal colokin aja kabelnya ke ECU . Sensor Manifold Absolute Pressure (MAP) sudah disiapkan juga. Dan yang terakhir adalah Sensor oksigen yang diletakkan di ujung depan leher knalpot dan sepertinya sudah pula disediakan wah . . . artinya FI jenis close loop neeeh









Pengen tahu kayak apa proses intalasinya . . . simak aja bro di forum Ninjete . . . disana dibahas mendalam dan super detail . . . berani coba? tentu resiko tanggung sendiri ya, karena ini adalah asesoris non resmi pabrikan . . . asiknya lagi walaupun kit ini bila dipasang akan menghadirkan setingan kondisi stok pabrikan, tapi tetep fully tunnable via laptop . . . buat kepentingan balap . .. asesoris ini juga menyediakan part turbo dnegan spek Sensor MAP yang berbeda (2,5 bar) dan Injector yang lebih besar (190g/min) whuaaa . . . mangtabbb, tapi ya tetep ada bedanya sama Ninja 250R FI . .. minimal di dashboar nggak ada lampu kedip FI nya . . . okelah, semoga Berguna

taufik of BuitenZorg

data dan gambar : forum Ninjett

e