Pages

Monday, July 29, 2013

PERBANDINGAN Ninja 250 and ninja 250 fi design vs CBR 250 fuel injection

NINJA 250 r vs CBR 250 fi


     Kedatangan kawasaki ninja 250 disambut baik oleh konsumen , terbukti dari animo masyarakat indonesia ikut dalam launching serta berbagai event group ataupun club ninja itu sendiri , tetapi hal ini diketahui oleh pihak honda untuk memasarkan produk motor sport andalan mereka yaitu cbr 250 , Sama-sama masuk dalam kelas motor sport 250 cc, kedua motor ini memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan. 

CBR250R menggunakan mesin 249 cc liquid cooled 4-tak DOHC single cylinder berkode CS250RE dengan kompresi rasio 10,7:1. Ini berbeda dengan Ninja yang punya jeroan 248 cc 4-tak 2 cylinder liquid cooled yang memiliki kompresi rasio 11,6:1. 

Namun jangan lantas remehkan CBR, karena Honda telah menjejalkan Program Fuel Injection System (PGM-FI). Sementara Kawasaki masih percaya dengan kaburator lansiran Keihin CVK30.


 Untuk menopang dimensi motor dengan panjang 2.035 mm, lebar 0.720 mm, dan 1.125 mm, Honda menggunakan ban berukuran 110/70-17M/C di depan dan 140/70-17M/C dibagian belakang. 

  Sedangkan Kawasaki memiliki si karet bundar berukuran 100/70 50S dan 130/70 64S jenis Tubeless yang bersanding dengan pelek racing ukuran 17 inci. hal inipun berpengaruh terhadap animo masyarakat untuk memilih motor mana yang cocok untuk mereka. sedangkan harga cbr 250 menurut PT ASTRA HONDA MOTOR akan lebih murah dibanding kawasaki ninja 250.
 
Berikut Spesifikasi Kawasaki Ninja 250R dan Honda CBR 250R
Data Spesifikasi

NINJA 250 R
CBR 250 R
Mesin


Tipe
4-tak DOHC, 8 valve
4-tak DOHC, 4 valve
Sistem pendingin
Cair (radiator)
Cair (radiator)
Jumlah silinder
2 silinder
1 silinder
Kapasitas murni
249 cc
249 cc
Rasio kompresi
11,6 : 1
10,7 : 1
Max power
31,38 dk / 11.000 rpm
26,4 dk / 8.500 rpm
Max torque
22 Nm / 9.500 rpm
22,9 Nm / 7.000 rpm
Sistem pelumasan
wet sump
wet sump
Fuel Grade
Unleaded
Unleaded
Sistem Kopling
Basah
Basah
Transmisi
6 – speed
6 – speed
Pengoperasian
1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 – 6
1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 – 6
Sistem pengapian
TCI
Full-transistor battery ignition
sistem start
Elektrik
Elektrik
Sistem bahan bakar
Karburator, Keihin CVK30 x 2
fuel injection system (PGM-FI)
Sasis


Tipe
Tubular Diamond
Tubular, Diamond
Rear swing arm
Unitrack
Pro-link suspension system
Suspensi belakang
Teleskopik
Teleskopik
Sokbreker belakang
Monosok
Monosok
Tinggi jok
775 mm
780 mm
Wheelbase
1.400 mm
1.370 mm
pelek depan
2,75 x 17
2,75 x 17
Pelek belakang
3,50 x 17
3,50 x 17
Ban depan
100/70-17 tubeless
110/70-17 tubeless
Ban belakang
130/70-17 tubeless
140/70-17 tubeless
Berat kosong
152 kg
161 kg
Spidometer
OEM Japan Analog
Full Digital
Nah semuanya lengkap kap kap untuk menjadi bahan pertimbangan, sekarang tinggal pilih deh sesuai dengan keinginan, kemampuan dan minat. "Semoga Ulasan ini bermanfaat"

Friday, July 5, 2013

Ninja 250 + Limbah Moge Haruskah ?



Adapula yang memasang limbah moge…umumnya untuk memasang part-part limbah moge memerlukan dana yang tidak sedikit tapi sebenarnya ada sedikit trik yang dapat digunakan supaya budget tidak terlampau jauh membengkak (asal anda harus siap-siap repot ).
Belilah limbah mogemu sendiri!!!

Pilihlah limbah dari moge-moge tahun muda (2007 – keatas) karena umumnya kondisi masih bagus atau kalau tidak memungkinkan bisa memilih limbah tahun tua tapi, anda harus jeli dalam memilih dan pastikan kondisinya masih layak pakai

Pasang sendiri!!! Berikut gue kasih harga limbah moge per 15 april 2010
Upside Down Radial GSXR 600 (2007) As Hitam, Tabung Gold + Segitiga Atas dan Bawah + Kaliper Radial Kiri dan Kanan + Selang Rem + Master Rem = Rp 12.000.000,-
Velg GSXR 600 Palang 3 (2007) Ukuran 3.5×17 dan 5.5×17 Disk depan 2 dan Belakang 1 + Gir = Rp 9.000.000,-
Swing arm GSXR 600 (2007) + Kaliper + Unitrak + Monoshock Tabung = Rp 5.500.000,-Total Rp 26.500.000,-


Wheww!!!! seharga 1 unit Ninja rr 2nd, tapiiiii…coba anda pergi ke tempat modifikasi motor…gue yakin akan lebih dari itu bahkan ada yang budgetnya sampai habis 1-2 unit Ninja 250.

Pada contoh diatas gue lebih memilih menggunakan limbah dari GSXR 600 kenapa? karena dari sisi dimensi limbah ini pas untuk ukuran Ninja 250…sebenarnya bisa saja menggunakan limbah dari Moge 1000 cc tapiiii biasanya dimensi ukuran swing arm dan upside down lebih besar dan IMHO harus dilakukan proses penyesuaian lebih banyak dibanding dengan menggunakan limbah Moge 600 cc.

Langkah berikutnya yaitu tidak lain dan tidak bukan …pasang sendiri!!! nah ini yang mungkin bagi sebagian orang bikin males dan bikin repot, pekerjaan printilan seperti menyesuaikan as komstir, memotong/bubut sedikit lebar swing arm agar masuk ke dalam rangka Ninja 250, menset agar posisi rantai belakang dengan depan center dan lain sebagainya…
repot memang tapi sebanding dengan kepuasan yang didapat…sebagai perbandingan dulu gue pernah beli limbah velg Honda NSR Hornet 125 untuk dipasang di Ninja RR 150, dulu gue beli velg hornet hanya 2,5 jt lalu ongkos ke tukang bubut untuk bikin boshing dan segala macem akhirnya habis 200 ribu…hanya saja pasangnya yang agak ribet…motor jadi gak bisa dipake selama seminggu di garasi rumah!!! karena harus ukur segala macem agar presisi dan tetap nyaman untuk dikendarai.
Jadi? apakah harus pakai limbah moge? tidak juga…tapi kalau anda menginginkan tampilan ninja 250 bak “Moge” dan dilirik banyak orang silahkan tentukan dana yang akan dikeluarkan serta limbah apa yang cocok untuk motor sampeyan …serta cobalah untuk pasang sendiri!!! semoga bisa menekan budget yang ada




“Moge”. 

Ada seorang rekan biker yang mengeluh kenapa velg dan ban Ninja 250 tampak kurang kekar jika dibandingkan dengan bodynya yang “Gambot”…yah!!! itu kan selera… ada yang mensiasati dengan memasang ban tapak lebar mulai dari 110/70 17 untuk ban depan dan 150/60 17 untuk ban belakang pada velg standar dan hasilnya? sedikit banyak mendongkrak tampilan Ninja 250 menjadi lebih gagah bak